Peserta :
Pramuka Penggalang atau Penegak
Tujuan :
• Meningkatkan pengenalan peserta didik terhadap lingkungan.
• Menanamkan kecintaan pada lingkungan.
• Meningkatkan sikap gotong royong, kerjasama, kebersamaan dan kekompakan.
• Mengembangkan kompetensi di bidang pengetahuan, sikap dan ketrampilan hidup di alam bebas dengan penuh tanggungjawab.
• Meningkatkan kebugaran jasmani, kegembiraan, kerjasama dan sikap positip.
• Menumbuhkan rasa senang para peserta didik terhadap kegiatan kepramukaan umumnya kegiatan di alam bebas/ruang terbuka.
Waktu dan Jarak Pelaksanaan :
Durasi perjalanan 2 - 3 jam, jarak perjalanan kurang lebih 3 km.
Medan dan Tanda Jejak :
• Medan perjalanan pastikan tepat sebagai media melatih ketelitiaan dan kepekaan pandangan mata(melihat), ketelitiaan dan kepekaan rasa (meraba), kepekaan dan ktelitiaan analisis (pikiran/otak), kepakaan dan ketelitian menjalin kerjasama (sosial) dan kepekaan dan ketelitian melaksanakaan ketrampilan (kinetis).
• Dalam perjalanan peserta harus mengikuti petunjuk tanda-tanda. Tanda jejak diletakkan secara tersembunyi, oleh sebab itu peserta harus mencari agar tidak kehilangan jejak.
• Setelah menemukan tanda jejak peserta juga harus memecahkan persoalan yang diberikan untuk dijawab dan sebagai panduan menuju tanda jejak berikutnya.
• Setiap tanda dan jejak yang ditemukan harus bisa"berbicara/menginformasikan " apa maksudnya, bagaimana hubungannya, apa tindakan berikutnya dan mengapa kesimpulannya demikian.
• Pastikan perjalanan hanya bisa dilanjutkan oleh peserta dengan tepat dan benar jika mampu menyelesaikan tugas yang diberikan pada tiap pos dengan benar.
• Medan perjalanan dirancang yang beragam, cukup berat dan lambat dengan tanda-tanda jejak yang dipersiapkan cukup banyak dan bervariasi.
• Sebagai referensi untuk jarak 3 km, berikan kira-kira 30 tanda-tanda jejak untuk dicari dan diikuti oleh kurang lebih 5 regu dengan jumlah anggota regu 5 - 8 orang.
Persiapan Pengelolaan Kegiatan :
• Susun daftar perlengkapan regu dan perlengkapan pribadi yang diperbolehkan dibawa.
• Perlengkapan harus ringkas, tepat guna dan tidak merepotkan di perjalanan.
• Persiapkan rute perjalanan dengan baik, siapkan jenis-jenis tanda jejak dan penugasan di tiap pos yang bervariasi dan menantang.
• Survey rute yang ditetapkan, amati dan catat dengan baik rute perjalanan dengan mengutamakan keselamatan peserta.
• Catat titik-titik perjalanan yang rawan yang akan dilewati peserta dan susun standar pengamatan dan pengamanannya.
• Susun tata terbi dengan sederhana, mudah dipahami dan berdasar kondisi lapangan
• Siapkan kotak obat standar PPPK.
• Siapkan saran dan prasarana pendukung dengan baik.
Persiapan Materi Kegiatan :
• Siapkan materi permainan/pertanyaan di tiap pos baik yang bersumber dari "traditional scouting skill" seperti, menaksir, panorama, kim (meraba), sandi maupun dari "modern scoutings skill" seperti permainan kuis : bidang sciens, lingkungan hidup, kesehatan, kepemimpinan, dll.
• Susunlah skenario kegiatan dalam bentuk cerita, yang di dalamnya menggambarkan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh para peserta, dalam rangka apa mereka melakukan tugas dan untuk apa tugas itu dilakukan.
• Berilah skenario dengan judul-judul yang menarik, asosiatif, motivatif dan menumbuhkan semangat, misalnya :Membebaskan Kawan yang Ditawan Musuh
• Meraih Kemenangan dalam Pertempuran, Menuju Kemenangan dengan Kerja Keras, dsb.
Pelaksanaan :
• Sebelum diberangkatkan hendaknya peserta dibrifing secara detail, tekankan aspek keselamatan, cara menghadapi bahayas, prosedur meminta pertolongan, prosedur PPPK, dll.
• Berangkatkan setiap regu secara bergiliran dengan interval (jarak waktu) antara regu 15 menit.
• Pesankan agar tanda-tanda atau jejak tidak dirusak, dipindah, diubah/diganti oleh regu manapun/sebab cara itu bukan cara ksatria mengalahkan lawan, tetapi cara licik.
• Regu harus berkumpul di titik pemberangkatan pada waktu yang ditentukan, selesai atau tidak selesai menyelesaikan tugas.
• Regu yang dapat menemukan tanda/jejak (serta memecahkan persoalannya dengan benar), mendekati jumlah yang disiapkan dan dapat mengikuti dalam waktu relatif pendek, itu yang menang.
Akhir Kegiatan :
• Setelah semua peserta didik kembali atau sampai di tempat semula di sekolah/gudep, semua diminta mengumpulkan tugas-tugasnya.
• Kakak Pembina memberikan penilian, sementara itu Pb Pembina mengumpulkan para peserta dan masing-masing regu diberi kesempatan untuk menyampaikana kesan dan pesannya.
• Hasil penilaian diumumkan dan regu juara diberi hadiah.
• Kakak Pembina memberikan kesimpulan tentang apa saja manfaat dan nilai-nilai yang bisa dipetik dari perjalanan ini, misalnya : nilai kebersamaan, ketelitian, kesabaran, kekompakan, lingkungan hidup, kesehatan, dll.
Evaluasi :
• Kakak Pembina beserta Pb Pembina hendaknya melakukan evaluasi di akhir kegiatan untuk pengembangan-pengembangan kegiatan di masa datang, termasuk memperhatikan kritik, saran dan masukan dari para peserta.
• Acara ini juga bisa dikaitan untuk ujian TKU Siaga sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
-------------------00---------------