PETUNJUK : Pilihlah satu jawaban yang paling benar
dengan memberi tanda silang
huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab yang
tersedia!
- Bacalah paragraf berikut ini!
Penanaman suatu
jenis tumbuhan dapat menjadikan tanah menjadi tidak subur. Jenis tumbuhan
tersebut menghasilkan senyawa kimia yang dikeluarkan ke lingkungan. Senyawa
kimia yang dikeluarkan melalui akar dapat mengubah keadaan unsur pada tanah
sedemikian rupa sehingga tidak tersedia, tidak dapat diambil dan dimanfaatkan
oleh tumbuhan. Oleh karena itu tanah lazim dianggap tidak subur. Berdasarkan
hal tersebut, pemilihan jenis tumbuhan untuk keperluan-keperluan tertentu perlu
disertai oleh pertimbangan yang cermat.
Gagasan utama paragraf tersebut
terdapat pada kalimat….
A.
Pemilihan jenis tumbuhan untuk keperluan-keperluan
tertentu perlu disertai pertimbangan yang cermat.
B.
Oleh karena itu, tanah lazim dianggap tidak subur.
C.
Jenis tumbuhan tersebut menghasilkan senyawa kimia yang
dikeluarkan ke lingkungan.
D.
Penanaman suatu jenis tumbuhan dapat menjadikan tanah
menjadi tidak subur.
- Bacalah paragraf berikut ini !
Sampah erat
kaitannya dengan kesehatan masyarakat karena dari sampah tersebut akan hidup
berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dan binatang serangga sebagai
pemindah/penyebar penyakit. Oleh sebab itu, sampah harus dikelola dengan baik
sampai sekecil mungkin agar tidak mengganggu atau mengancam kesehatan masyarakat.
Pengelolaan sampah yang baik, bukan hanya untuk kepentingan kesehatan, tetapi
juga untuk keindahan lingkungan. Pengelolaan sampah di sini meliputi
pengumpulan, pengangkutan, sampai dengan pemusnahan.
Simpulan paragraf tersebut adalah....
A.
Pengelolaan
sampah berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
B.
Pengelolaan
sampah tidak menjadi gangguan kesehatan masyarakat.
C.
Sampah merupakan
tempat bersarangnya mikroorganisme.
D.
Sampah merupakan
ancaman bagi kesehatan masyarakat.
- Perhatikan pernyataan berikut ini!
Sudah saatnya bagi kita untuk berfikir kritis. Dengan
sikap yang kritis, kehidupan dapat lebih dinamis dan tidak bersifat rutin.
Semua proses seakan berjalan begitu saja. Kritis memang benar-benar sikap yang
sangat diperlukan bagi kita saat ini.
Informasi yang dapat
ditemukan dari wacana di atas adalah....
A. Kita harus melihat sikap kritis pada
setiap orang untuk maju.
B. Proses sikap kritis akan berjalan begitu
saja.
C. Berfikir kritis hanya dimiliki oleh
sebagian orang.
D. Berpikir kritis dapat membuat kehidupan
lebih dinamis
- Bacalah teks
berikut!
Keluarga merupakan
lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Dalam lingkungan keluarga inilah
seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan. Selain itu,
sebagian besar kehidupan anak berlangsung di dalam lingkungan keluarga. Tugas
utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi
pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan.
Peran dan tanggung
jawab orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan kepribadian
seorang anak. Orang tua hendaknya memberi lingkungan yang kondusif sehingga
dapat memberikan lingkungan yang terbaik bagi anak. Lingkungan yang baik akan
berpengaruh terhadap kepribadian seorang anak.
Rangkuman bacaan tersebut adalah....
A. Peran dan tanggung jawab orang tua
sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan kepribadian seorang anak.
B. Dalam lingkungan keluarga inilah
seorangb anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan yang baik.
C. Lingkungan pendidikan yang pertama
adalah keluarga sehingga peran dan tanggung jawab orang tua sangat besar.
D. Lingkungan yang baik akan
berpengaruh terhadap kepribadian seorang anak maka ciptakan lingkungan yang
baik.
- Bacalah kutipan berita
berikut ini!
Jalan protokol yang membelah kota itu sangat
ramai. Sehabis subuh, jalan itu dipadati para pedagang sayur yang siap membawa
barang dagangan mereka ke pasar. Tak lama kemudian, antara pukul 6 hingga 7,
jalan dipadati lalu-lalang anak-anak sekolah dari TK hingga SMA. Setelah itu, giliran para pegawai
berangkat ke tempat pekerjaan masing-masing. Demikianlah hingga malam, jalur
ini tak pernah sepi dilalui bus-bus jurusan Surabaya-Jakarta.
Jika berita tersebut ditulis kembali berdasarkan pokok beritanya maka akan menjadi seperti berikut....
A. Demikianlah jalur ini hingga malam tak
pernah sepi dilalui bus-bus jurusan
Surabaya-Jakarta.
B. Jalan protokol yang membelah kota ini
sangat ramai.
C. Jalan protokol sangat ramai dipadati para
pedagang sayur, anak-anak sekolah, para
pegawai, dan bus-bus jurusan Surabaya-Jakarta.
D. Antara pukul 6 -7 jalan ini dipadati
lalu-lalang anak sekolah dari TK hingga SMA.
- Bacalah paragraf berikut ini!
Menurutnya, penyebab utama mata sakit adalah
adanya gangguan pada kornea mata. Ini karena adanya benda asing dari luar
seperti debu, pasir, atau terpaan angin.”Kornea mata memiliki dua pertiga
fungsi penglihatan dan sangat rawan terhadap adanya gangguan dari luar sekecil
apa pun bentuknya. Sedikit saja ada benda asing mengenai kornea, mata akan
terasa nyeri dan perih,”ujar Ida kepada Republika, akhir pekan lalu di Jakarta.
Masalah utama dalam
paragraf tersebut adalah....
A. Penyebab sakit mata
B. Pengobatan sakit mata
C. Pencegahan sakit mata
D. Kerawanan pada kornea mata
- Perhatikan ilustrasi berikut!
Senin pagi, Pak Budi
baru saja me
mbagikan hasil ulangan harian pelajaran
bahasa Indonesia. Fredlyn yang sudah belajar sungguh-sungguh mendapat nilai
yang sempurna. Akan tetapi, Marvella sahabatnya mendapat nilai sebaliknya. Marvella
kelihatannya sangat kecewa.Melihat hal itu, Fredlyn berusaha menghibur dan
kelihatannya berhasil.
Kejadian mengesan
tersebut dapat diceritan kembali seperti berikut.. ...
A. Aku
mendapat nilai ulangan yang bagus sekali hari ini. Aku telah belajar habis
habisan malam sebelumnya. Pak Budi dan Marvella, temanku sangat bangga
karenanya.
B. Hari
ini, aku senang sekali karena nilai ulangan bahasa Indonesiaku bagus. Marvella,
sahabatku mendapat nilai buruk. Aku berusaha menghiburnya. Untungnya dia mau
mendengarku.
C. Pak
Budi, guru bahasa Indonesiaku sangat bangga, karena aku mendapat nilai yang
sempurna. Aku sangat senang. Marvella, sahabatku langsung memberiku ucapan
selamat dan memberi semangat kepadaku.
D. Marvella,
sahabatku, langsung marah-marah kepadaku saat aku menerima hasil ulanganku hari
ini. la kesal karena nilainya tidak berbeda jauh dariku. la kurang puas dengan
penilaian dari Pak Budi, guru kami
- Paragraf berikut ini yang berisi
pengalaman yang mengesankan adalah....
A. Oleh karena itu, pemupukan bukan merupakan
tindakan yang dapat dilakukan secara serampangan. Petunjuk para ahli dalam hal
ini perlu diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.
B. Bromo memang menarik. Setiap hari ratusan
turis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri mendatangi objek wisata ini.
Hamparan padang pasir yang luas, kaldera, kabut, anak-anak yang ramah, serta
adat istiadatnya merupakan penggalan kisah yang selalu menarik untuk
dibicarakan.
C. Saya sependapat dengan isi berita yang
menyebutkan bahwa tanah memerlukan pupuk. Hal ini dikarenakan pupuk dapat
menambah unsur-unsur yang diperlukan tanah sehingga tanah bersifat subur. Akan
tetapi, hendaknya pemakaian pupuk tidak berlebihan karena dapat menimbulkan
pencemaran pada tanah itu sendiri.
D. Pada zaman dahulu, di sebuah hutan
hiduplah seekor ulat hijau. Dia hidup sebatang kara, tanpa saudara ataupun
teman. Dia dibenci dan tidak disenangi oleh penghuni hutan yang lainnya. Tidak
satu pun penghuni hutan mau bersahabat dengannya. Dia dianggap sebagai binatang
perusak dan penyebar penyakit.
- Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Siang itu, tepatnya Senin20
Januari 2014, Reynaldo ditegur Pak Yosef karena lupa mengerjakan PR. Reynaldo
sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia beranji tidak akan lupa lagi.
Kalimat yang tepat untuk dituliskan di buku harian sesuai ilustrasi
tersebut adalah
...
A. Senin20 Januari 2014, hari yang sangat
memalukan. Tak disangka, Pak Yosef guru yang dikagumi Reynaldo, menegur
Reynaldo. Ia sangat kecewa pada Pak Yosef, guru matematika itu.
B.
Senin20 Januari 2014, hari yang tidak akan dilupakan. Pak
Yosef guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara
Reynaldo lupa tidak mengerjakan PR.
C.
Senin 20 Januari 2014, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih
sekali. Pak Yosef guru yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan
PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.
D. Senin20 Januari 2014, hari
yang sangat berat bagi Reynaldo. Pak Yosef guru matematika itu, menegur
gara-gara Reynaldo lupa tidak mengerjakan PR.
- Perhatikan kutipan teks pengumuman
berikut ini!
…… Panitia Pelaksana mengingatkan agar para
peserta mempersiapkan diri di ruang kelas IXC. Terima kasih.
Isian yang tepat untuk
melengkapi teks pengumuman yang rumpang tersebut adalah….
A. Marilah
kita mulai berlomba dalam keterampilan berbicara.
B. Jangan
lewatkan kesempatan mengasah keterampilan berbicara kalian.
C. Sehubungan
dengan pelaksanaan Lomba Kebahasaan tingkat provinsi akan dimulai
D. Berkaitan
dengan pendaftaran peserta lomba keterampilan berbahasa sudah dimulai.
- Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Dalam rangka
memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2014, OSIS SMP
Tarakanita 6 Jakarta akan mengadakan Lomba Cipta dan Musikalisasi Puisi tentang
guru. Setiap kelas wajib mengirim
peserta dan naskah puisi ciptaannya. Naskah yang sudah berbentuk teks
musikalisasi puisi diserahkan kepada panitia paling lambat hari Jumat, 25 April
2014. Musikalisasi puisi akan dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Mei 2014 di
lapangan basket SMP Tarakanita 6 Jakarta mulai pukul 08.30.
Pengumuman
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A. PENGUMUMAN
Dalam rangka
peringatan Hardiknas, OSIS akan mengadakan Lomba Baca Puisi tentang guru.
Setiap kelas wajib mengirimkan wakil dan naskah puisi paling lambat Senin, 31
Maret 2014 pukul 08.00 kepada panitia. Pelaksanaan pembacaan puisi hari Selasa,
2 Mei 2014 di lapangan basket.
B. PENGUMUMAN
Dalam rangka
memperingati HARDIKNAS 2014, OSIS akan mengadakan Lomba Cipta dan Baca Puisi.
Setiap kelas wajib mengirim wakil, satu peserta pembaca puisi. Naskah puisi dan
nama peserta harus sudah di tangan panitia paling lambat hari Jumat, 25 April
2014. Pelaksaan pembacaan puisi di lapangan basket SMP Tarakanita 6 Jakarta pada
hari Selasa, 2 Mei 2014 pada pukul 08.30 WIB.
C.
PENGUMUMAN
Dalam rangka
memperingati Hardiknas 2014, OSIS akan mengadakan Lomba Cipta dan Musikalisasi
Puisi tentang guru. Setiap kelas wajib mengirim
peserta dan naskah teks musikalisasi puisi ciptaannya. Naskah teks
musikalisasi puisi diserahkan kepada panitia paling lambat hari Jumat, 25 April
2014. Musikalisasi puisi akan dilaksanakan hari Selasa, 2 Mei 2014 di lapangan
basket SMP Tarakanita 6 Jakarta mulai pukul 08.30.
D. PENGUMUMAN
Dalam rangka
memperingati Hardiknas 2014, OSIS akan mengadakan Lomba Cipta dan Musikalisasi
Puisi tentang guru. Setiap kelas wajib mengirim
peserta dan naskah puisi ciptaannya. Naskah teks puisi diserahkan kepada
panitia paling lambat hari Jumat, 25 April 2014. Pembacaan puisi akan
dilaksanakan hari Selasa, 2 Mei 2014 di lapangan basket SMP Tarakanitab 6
Jakarta mulai pukul 08.30.
- Berikut ini merupakan penjelasan
tentang lema yang benar, kecuali....
A. Tiap lema ditulis dengan pemenggalan
berdasarkan pedoman terperinci yang dimuat dalam bagian lain dari kamus.
B. Setiap lema diberi label sesuai dengan
konteks dan keperluan
C. Lema merupakan kata atau masukan dalam
kamus di luar difinisi atau penjelasan lain dalam entri
D. Lema sealu berbentuk kata dasar dan
disusun tidak sesuai urutan abjad
- Perhatikan kutipan Pembukaan UUD 1945 berikut ini!
UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA
TAHUN 1945
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak
segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan
karena tidak sesuai perikemanusiaan dan perikeadilan
Penjedaan yang benar apabila teks tersebut
dibacakan adalah....
A. UNDANG-UNDANG / DASAR NEGARA REPUBLIK/ INDONESIA
TAHUN 1945
PEMBUKAAN//
Bahwa / sesungguhnya kemerdekaan itu ialah / hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka
penjajahan di atas dunia harus dihapuskan /karena tidak sesuai perikemanusiaan dan
perikeadilan//
B. UNDANG-UNDANG DASAR /NEGARA REPUBLIK
INDONESIA /TAHUN 1945//
PEMBUKAAN//
Bahwa sesungguhnya / kemerdekaan itu ialah hak
segala bangsa / dan oleh sebab itu / maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan / karena tidak sesuai
perikemanusiaan / dan perikeadilan //
C. UNDANG-UNDANG /DASAR NEGARA REPUBLIK
INDONESIA /TAHUN 1945
PEMBUKAAN//
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan / itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu
/ maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan / karena tidak sesuai
perikemanusiaan dan perikeadilan//
D. UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA / REPUBLIK
INDONESIA TAHUN 1945
PEMBUKAAN//
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak
segala bangsa / dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan / karena tidak sesuai
perikemanusiaan dan perikeadilan//
- Bacalah kutipan buku harian berikut ini!
Pada hari libur saya
berkunjung ke rumah Anandito Dimas (1).
Dia teman sekelasku dan biasa di panggil Dimas(2). Sesampainya di rumah
tersebut, saya bertemu dengan seorang bapak (3). Kemudian saya bertanya
kepadanya, “Pak, Dimas ada ?”. “ada
“,saya sendiri menjawabnya (4). Saya malu, rupanya Dimas adalah nama
Ayahnya(5).
Kejadian menarik pada catatan buku
harian di atas terdapat pada kalimat ke ….
A. ( 1 )
B. ( 3 )
C. ( 4 )
D. ( 5 )
- Di antara catatan buku harian
berikut ini yang paling menarik adalah ....
A. Kamis, 31 Oktober
2013,Jatuh terpeleset di depan ruko “Amin”, kaki keseleo, cari tukang urut.
B. Jumat, 27 Desember 2014, diundang
teman untuk berlibur di Pantai Sanur. Orang tua mengizinkan. Sangat gembira
C. Sabtu, 1
Februari 2014HUT-ku yang ke-15. Ada
pesta sederhana di rumah.Teman yang diundang lebih 25 orang. Teman yang dating
10, maka …….!
D. Minggu,22 Desember
2013
ke rumah teman, pulang sudah malam, lupa membuat
PR bahasa Indonesdia. Guru memberi sanksi.
- Perhatikan kutipan
surat berikut ini!
Yth. Bibi Anita
di Malang
Salam sayang,
Keadaan
keluarga di Jakarta sehat wal’afiat. Bagaimana keadaan Bibi sekeluarga di
Malang? Mudah-mudahan selalu sehat dan bahagia.
Oh, ya, Bibi, liburan
kenaikan kelas besok, saya dan Kak Dony akan berkunjung ke rumah Bibi di
Malang. Kami sudah minta izin kepada Ayah dan Ibu. Mereka mengizinkan.
Rencananya, kami berangkat tanggal 20 Juni 2013 naik Argo Anggrek pukul 18.00.
....
Kalimat yang
tepat untuk menutup surat di atas adalah ....
A. Dah, ya,
Bibi. Saya udah capek. Tolong balas, ya!
B. Demikian
pemberitahuan dari saya. Bibi harus
balas, ya!
C. Saya
akhiri dulu, ya, Bibi. Saya yakin Bibi akan membalasnya.
D. Sekian
kabar dari saya. Balasan surat dari Bibi sangat saya harapkan.
- Penulisan tempat dan tanggal surat yang benar
adalah....
A. Jakarta 12 Agustus 2015
B. Jakarta 12 Agustus 2015.
C. Jakarta, 12 Agustus 2015
D. Jakarta, 12 Agustus 2015.
- Salah satu perbedaan surat pribadi dan surat
resmi adalah....
A. Surat pribadi menggunakan tanggal surat,
sedangkan surat resmi tidak
B. Surat pribadi memiliki kepala surat, surat
resmi tidak
C. Surat resmi menggunakan lampiran dan hal
surat, sedangkan surat pribadi tidak
D. Surat resmi menggunakan salam pembuka,
sedangkan surat pribadi tidak
- Bacalah baik-baik
penggalan dongeng berikut!
”Jangan takut, Timun Mas.
Kau lihatlah ke angkasa! Keenam kakakku turun dari langit untuk menghiburmu.
Aku ini bidadari yang bungsu. Sebelum kita bermain dan bernyanyi terimalah ini,
biji timun ajaib. Bila engkau dikejar raksasa segera hamburkan. Yang ini jarum
ajaib, sangat berguna untukmu. Dan yang terakhir ini garam.”
Setelah Timun Mas menerima
pemberian tersebut, bidadari lain turun. Mereka berputar, menari sambil
menyanyi. Timun Mas pun ikut menyanyi sampai larut malam. Tengah malam, ketujuh
bidadari itu kembali ke kahyangan dan Timun Mas pulang ke rumahnya.
Berikut ini hal-hal menarik dalam penggalan dongeng tersebut, kecuali....
A. Kebaikan bidadari menolong Timun Mas
B. Manfaat biji timun ajaib, jarum ajaib, dan
garam bagi Timun Mas
C. Timun Mas menari sambil menyanyi sampai
larut malam
D. Kegembiraan Timun Mas menerima pemberian
hadiah
- Perhatikan pernyataan berikut ini!
”Secara
psikologis, manusia disiapkan menghadapi kebisingan.”
Pernyataan tidak setuju yang disertai alasan yang
tepat adalah....
A. Kebisingan akan berdampak negatif
psikologis, bahkan juga bagi kesehatan.
B. Bising itu enak didengar karena sama
dengan musik.
C. Kebisingan akan membuat suasana ramai.
D. Saya senang dengan kebisingan karena tidak
sepi.
- Bacalah penggalan
dongeng berikut ini!
Dengan tewasnya raksasa itu, Timun Mas merasa
lega. Kini ia telah bebas dari gangguannya. Segera ia kembali pulang. Dalam
perjalanan pulang, ia berjumpa dengan seorang pangeran yang tengah berburu.
Mereka berkenalan. Timun Mas diantarkannya pulang. Sang pangeran itu telah
jatuh hati kepada Timun Mas. Beberapa waktu kemudian ia melamarnya dan kemudian
menikah. Timun Mas pindah ke istana bersama ibunya dan mereka hidup bahagia
sampai akhir hayatnya.
Tokoh utama dalam dongeng tersebut adalah....
A. Raksasa
B. Timun Mas
C. Pangeran
D. Ibu Timun Mas
- Perhatikan kutipan
dongeng berikut ini!
Sementara, Nyi Rambat Kasih sendiri hanya
tersenyum kecil memerhatikan gerak-gerik anak buahnya itu.
”Baiklah kalau begitu,” katanya kemudian.
”Sekarang Paman-Paman saya perintahkan melaksanakan tugas masing-masing seperti
biasanya, tetapi jangan lupa untuk tetap waspada.”
”Siap, Baginda Ratu. Perintah Baginda Ratu
sekarang juga kami laksanakan. Mohon permisi,” sembah ketiga patih Kerajaan
Sindang Kasih itu sambil minta diri.
”Berangkatlah.”
Ketiga patih yang setia itu pun segera berlalu
meninggalkan keraton menuju ke tempat tugasnya masing-masing.
Watak ketiga patih dalam kutipan dongeng tersebut adalah....
A. Ramah
B. Pemarah
C. Setia
D. Kejam
- Bacalah penggalan
dongeng berikut ini!
Konon ia adalah seorang ratu yang cantik sekali.
Bentuk tubuhnya indah dan langsing. Kulitnya kuning langsat dan teramat mulus.
Raut wajahnya sangat elok dan memesona. Siapa yang memandangnya pasti terpukau
dengan kecantikannya. Lebih dari itu konon sang ratu mempunyai keistimewaan
lainnya. Rambutnya panjang luar biasa. Jauh lebih panjang dari yang dimiliki
wanita-wanita berambut panjang ketika itu. Demikian panjangnya sehingga mesti
disediakan beberapa batang gantar banbu bila sang Putri hendak menjemurnya.
Itulah pula konon sebabnya sang Ratu dinamai Nyi Rambut Kasih.
Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, berikut ini yang tidak termasuk
keistimewaan fisik Nyi Rambut Kasih adalah....
A. Berwajah cantik sekali
B. Disegani dan dicintai rakyat
C. Bentuk tubuhnya indah dan langsing
D. Bermahkota rambut yang indah dan sangat
panjang
- Bacalah penggalan
dongeng berikut in!
Ketiga patih itu pun segera berlalu meninggalkan
keraton menuju ke tempat tugasnya masing-masing. Matahari pagi yang indah ikut
mengantarkan kepergian mereka dengan sinarnya yang kuning keemasan, hangat dan
menyegarkan. Sementara kawanan burung berkicau riang sambil beterbangan dari
dahan ke dahan, untuk selanjutnya berlari terbang satu-satu mencari karunia
Tuhan di alam yang bebas, luas, dan tiada berbatas.
Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah....
A. Siang hari
B. Malam hari
C. Pagi hari
D. Senja hari
- Berikut ini adalah manfaat bercerita dengan
alat peraga, kecuali....
A. Meningkatkan daya imajinatif
B. Menambah keleluasan pencerita
mengekspresikan perasaan
C. Mengganggu pencerita dalam berkonsentrasi
saat bercerita
D. Memberi kemudahan bagi pencerta dalam
menggambarkan watak tokoh
- Bacalah kutipan dongeng
berikut ini!
”Tolooooong ... tolooong ..., keluarkan aku dari sini!’
Ulat hijau mendekati sumber suara tesebut.
Ternyata seekor capung sedang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari
jaring laba-laba.
”Oh, untunglah ada kau ulat hijau. Tolong bebaskan
aku dari jaring ini!” pinta capung memohon.
”Cepatlah sebelum laba-laba datang dan
menyantapku.”
Tanpa banyak bicara ulat hijau memutus jaring
laba-laba itu. Capung pun bebas dan beterbangan berputar-putar dengan riangnya
sebelum mendekati ulat hijau.
”Terima kasih, ” ucap capung. ”Kau telah
menyelamatkan nyawaku. Sebagai ucapan rasa terima kasihku, apa yang bisa aku
lakukan untukmu?
”Tidak perlu capung. Aku ikhlas menolongmu.”
Berikut ini hal-hal positif yang terdapat dalam dongeng tersebut,
kecuali....
A. Memberi pertolongan kepada yang
membutuhkan
B. Memberikan pertolongan secara ikhlas tanpa
pamrih
C. Berterima kasih atas bantuan yang diterima
D. Memberikan pertolongan untuk mendapatkan
sebuah imbalan.
- Perhatikan kutipan
cerita berikut ini!
Kini keadaan kelas tanpa guru mutlak kacau. Akan
tetapi, ternyata ada sesosok makluk langsing yang nggak berminat ikut-ikutan
ngegabung bikin keributan. Cowok yang rambutnya kayak John Taylor itu duduk
sendirian di pojok, asyik dengan permen karetnya. Seisi kelas baru sadar kalau
sejak tadi Lupus nggak ikut gila-gilaan. Aneh. Biasanya anak itu yang paling
aktif. Apalagi kalau pas lagi pelajaran kosong. Lupus biasanya menjadi pelopor.
Melemparkan tebakan-tebakan sableng, ngeduran-duran, menggebug-gebug meja, atau
ngegodain cewek-cewek yang lalu lalang di depan kelas.
Perilaku yang boleh dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kutipan cerita di atas adalah....
A. Makan permen karet di dalam kelas
B. Ribut saat jam kosong
C. Duduk sendirian
D. Bermain tebak-tebakan saat jam kosong
- Pembacaan kalimat berikut ini yang paling
tepat adalah....
A. Empat / kerakyatan yang dipimpin oleh /
hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan perwakilan //
B. Empat / kerakyatan / yang dipimpin / oleh
hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan perwakilan//
C. Empat / kerakyatan yang dipimpin / oleh
hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan / perwakilan//
D. Empat / kerakyatan / yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan perwakilan//
- Perhatikan penggalan
cerita berikut ini!
Sore itu, Meise membawa sekuntum melati yang masih
basah dalam genggaman tangannya. Langkahnya berhenti di depan pintu pagar kayu
rumah Bu Dewi. Pagar kayu yang bercat biru masih tertutup dan terkunci.
Rumput-rumput mulai tumbuh meninggi dan liar. Bu Dewi sudah lama tidak
membersihkannya. Dan tidak akan sempat lagi merawat halaman rumahnya.
Latar tempat dalam penggalan cerita di atas adalah....
A. Di belakang rumah Bu Dewi
B. Di depan rumah Bu Dewi
C. Di belakang rumah Meise
D. Di depan rumah Meise
- Bacalah kutipan dongeng
berikut ini!
”Baik sekali Paman, terima kasih. Kita memang
tidak boleh membiarkan hama apa pun menyerang tanaman rakyat, terutama padi.
Bila tanaman mereka habis dimakan hama, mereka akan menderita kelaparan. Jika
mereka kelaparan, seisi negeri pun akan kacau. Kita harus menghindarkan diri
jauh-jauh dari keadaan seperti itu, ” ucapnya tegas.
Watak tokoh dalam kutipan dongeng tersebut adalah....
A. Pemimpin yang rakus
B. Pemimpin yang sombong
C. Pemimpin yang bijaksana
D. Pemimpin yang ramah
- Bacalah kutipan dongeng
berikut ini!
”Benar sekali, Baginda Ratu. Sebagian mereka itu
merupakan saka guru perekonomian negeri kita. Kalau saka gurunya kuat, negara
pun akan makmur. Akan tetapi, kalau sebaliknya, tentu keadaan negeri pun akan
kacau dan hancur. Ampun seribu ampun Baginda Ratu, ini hanya omong kosong hamba
saja,” kata Ki Patih Gendeng Mardapa sambil bergurau.
Tema kutipan dongeng tersebut adalah....
A. Situasi keamanan kerajaan
B. Keadaan perekonomian kerajaan
C. Siasat mengatasi ekonomi kerajaan
D. Peran patih dalam perekonomian
- Di antara empat kalimat berikut ini yang
berisi pendapat adalah....
A. Lalu lintas tampak dan terasa macet di
mana-mana.
B. Disiplin, ya, disiplin adalah kunci
keberhasilan.
C. Hari pertama uji coba bus Transjakarta
adalah hari Kamis, 15 Januari 2004.
D. Berbondong dan berjejal warga Jakarta
disertai anggota keluarganya mencoba naik bus khusus itu.
- Paragraf berikut ini yang berisi sebuah fakta
adalah....
A. Jumlah penduduk Indonesia telah mencapai
200 juta. Jumlah penduduk sebesar ini, sebagian besar berada di Jawa.
Penyebaran penduduk memang belum merata. Dengan keadaan semacam ini maka
Pemerintah melaksanakan program transmigrasi.
B. Dengan program transmigrasi ini diharapkan
kemakmuran dapat pula merata. Diharapkan pula keadilan yang makmur dan
kemakmuran yang adil benar-benar akan terwujud.
C. Dari berbagai uraian tadi maka tampak
jelas bahwa program transmigrasi merupakan sebuah pilihan untuk meratakan
penyebaran penduduk.
D. Jika program transmigrasi berhasil dengan
baik maka penduduk Indonesia tidak hanya berpusat di pulau Jawa saja, melainkan
juga ke seluruh wilayah negara Indonesia.
- Perhatikan sampiran pantun berikut!
Kalau
ada si kumbang baru
Bunga kenanga dikupas
bersamaan
…………………………………
…………………………………
Isi
pantun yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ….
A. Kalau
ada sumur di ladang
Boleh kita
menumpang mandi
B. Kalau
ada sahabat baru
Sahabat lama
jangan dilupakan
C. Sahabat
baru susah diburu
Sahabat lama
jangan dilupakan
D. Jangan
dibuang sahabat lama
Jangan lupa
Tanya rumahnya
- Bacalah isi pantun berikut!
......................................................
.......................................................
Beribu-ribu jumlah orang sukses
Karena disiapkan sejak muda
Sampiran yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
A.
Ada ayam tak
pernah protes
Bersenda gurau di pinggir
empang
B.
Orang tua makan
duren es
Dia memang senang dongeng anak
C.
Alis mata dibuat
dengan digores
Indah sekali dipandang depan mata
D. Beli es teh tanpa gula
Beli bersama kepala kongres
- Berikut ini adalah
cirri-ciri puisi lama berbentuk pantun, kecuali….
A.
Terdiri dari empat baris tiap bait
B.
Bersajak a-b-a-b
C.
Baris pertama dan kedua disebut sampiran dan baris
ketiga dan keempat disebut isi
D.
Hubungan tiap-tiap baris membentuk suatu jalinan
cerita/kisah
- Dari keempat pantun di
bawah ini yang merupakan pantun jenaka adalah….
A.
Kalau hutan-hutan kenari
Pohon roti tumbuh di sana
Kalau tuan bijak bestari
Anak kuda apa namanya
B. Pagi-pagi makan kuaci
Jangan dimakan dengan kulitnya
Bagaimana pula kau ini
Satu tambah satu masak tak bisa
C. Petang-petang pergi ke pasar
Tidak lupa beli serabi
Mumpung masih bujang banyaklah belajar
Di hari tua senanglah hati
D. Elok rupanya kumbang jati
Dibawa itik pulang petang
Tidak terkata besar hati
Melihat ibu sudah datang
- Perhatikan catatan buku
harian berikut!
Marunda, 15 Juni 2014
Aku turun dari panggung. Hatiku berbunga-bunga. [
.... ] Bahagiaaaaaa sekali aku hari itu. Dia mengucapkan selamat sambil
tersenyum untukku.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi catatan buku harian tersebut adalah....
A. Tiba-tiba Rafli sudah berdiri di hadapanku
mengucapkan selamat,
B. Tiba-tiba semua yang hadir tersenyum
padaku.
C. Sebuah tangan telah membimbingku menuruni
tangga.
D. Tidak pernah aku menyanyi selepas dan
senyaman ini.
- Perhatikan ilustrasi
berikut ini!
Kinanti berhasil menjuarai lomba membuat poster
yang diadakan Kementrian Lingkungan Hidup. Dia mendapat piagam dan hadiah.
Kinanti mengabarkan hal ini kepada Selly di Pemalang.
Pembuka surat Kinanti yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....
A. Selly, kamu sudah dengar kabar gembira
dari Kementrian Lingkungan Hidup. Pokoknya kabarnya seru, deh.
B. Hai, Sel bagaimana kabarmu di Pemalang?
Semoga kamu dan keluarga sehat selalu ya. Ada kabar gembira buatmu.
C. Jumpa Selly, bagaimana hasil Lomba
Posternya? Saya yakin kamu akan masuk nominasi.
D. Sel. Saya lagi senang nih. Tahu tidak
penyebabnya. Ayo tebak, kalau bisa saya kasih hadiah.
- Perhatikan pokok-pokok
berita berikut ini!
(1) Tidak ada korban jiwa atau luka-luka pada
kejadian itu.
(2) Musibah angin puting beliung itu terjadi
sekitar pukul 03.00 WIB Kamis (20/3).
(3) Hujan disertai angin puting beliung
memporak-porandakan puluhan rumah di pesisir selatan Tulung Agung.
(4) Petugas telah melakukan pendataan atas
insiden tersebut.
(5) Sedikitnya 20 rumah dilaporkan rusak berat
akibat tertimpa pohon.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik jika disusun
sebagai berikut....
A. (2), (1), (5), (4), (3)
B. (2), (5), (3), (1), (4)
C. (3), (1), (5), (4), (2)
D. (3), (5), (1), (2), (4)
- Perhatikan paragraf
berikut ini!
Pagar kayu yang bercat biru masih tertutup rapat. Rumput-rumput mulai
tumbuh meninggi dan liar. Bu Dewi
sudah lama tidak membersihkannya.
Imbuhan me- pada kata bercetak
miring dalam paragraf tersebut bermakna....
A. Menjadi
B. Menuju
C. Membuat
D. Melakukan
- Kata berimbuhan me- pada kalimat berikut ini yang menyatakan makna ”membuat” adalah....
A. Balon itu mengudara terbawa angin.
B. Ibu menumis
kacang panjang kesukaan ayah.
C. Kakak menulis
surat untuk temannya.
D. Dampak kabut asap kian meluas ke pemukian warga.
- Perhatikan
kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Ibunya membawa Ida ke lubang perlindungan.
(2) Ayahnya pernah berkata ketika sedang
membuat lubang perlindungan itu.
(3) Sekarang Ida mulai mengerti bahwa kotanya
tengah diserang musuh.
(4) Lalu, ibunya membimbing ke arah dapur.
(5) Ida bangkit dan turun dari ranjang.
Kalimat tersebut akan menjadi sebuah cerita jika disusun seperti berikut
ini....
- (4), (2), (5), (3), (1)
- (2), (5), (4), (1), (3)
- (5), (4), (1), (3), (2)
- (4), (5), (2), (3), (1)
- Kalimat berikut ini yang tidak menggunaka
pasangan kata yang berantonim adalah....
A. Setiap hari, ratusan turis baik dari dalam
negeri maupun luar negeri mendatangi objek wisata gunung Bromo.
B. Ratusan pedagang baik pria maupun wanita
beramai-ramai menjajakan barang dagangannya kepada setiap wisatawan yang
datang.
C. Penduduk di sekitar lokasi wisata gunung
Bromo memang dikenal sangat ramah dan tamah.
D. Pada hari libur dari pagi sampai dengan
hari telah menjadi sore lokasi wisata gunung Bromo tidak pernah sepi
pengunjung.
- Kalimat berikut ini yang tidak menggunakan
pasangan kata bersinonim adalah....
A. Kalau saka gurunya kuat, negara pun akan
aman, tetapi jika saka gurunya lemah negara pun kan kacau.
B. Kerajaan Sindang Kasih diperintah oleh
seorang ratu yang arif bijaksana.
C. Konon ia adalah seorang ratu yang sangat
cantik jelita.
D. Kerajaan Sindang Kasih yang subur menjadi
suatu daerah yang aman dan tentram.
- Peristiwa demi peristiwa yang disusun sedemikian rupa sehingga
membentuk suatu jalinan cerita disebut....
A. Tema
B. Alur
C. Latar
D. Sudut pandang
- Kebiasaan-kebiasaan berikut ini dapat
menghambat dalam kegiatan membaca cepat, kecuali....
- Melafalkan bacaan dalam batin
- Membaca ulang satu kata atau beberapa kata
yang baru dibaca
- Membaca dengan menggerakkan bibir
- Menggerakkan mata dari kiri ke kanan saat
membaca
- Bacalah paragraf
berikut ini!
Hobi mengoleksi mata uang ini mempunyai banyak
manfaat. Selain mengisi waktu senggang, sekaligus juga melatih kedisiplinan dan
ketekunan. Kita tidak boleh sembarangan memilih, mengatur, dan menyusun
koleksi. Dengan koleksi yang ada kita juga bisa belajar sejarah atau peristiwa.
Oleh karena sering bertukar koleksi dengan sesama teman, hobi ini berpeluang
menjalin persahabatan dan munculnya hobi lain, korespondensi.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A. Menjalin persahabatan dengan sesama
kolektor
B. Mengisu waktu senggang
C. Manfaat mengoleksi mata uang
D. Belajar sejarah dari benda koleksi
- Awalan ber-
yang menyatakan makna ”perbuatan
mengenai diri sendiri” terdapat dalam kalimat berikut....
A. Kedua orang itu bertengkar
B. Ia berjaket kulit
C. Ia beradik padaku
D. Gadis itu sedang berhias
- Perhatikan kutipan pengumuman berikut ini!
Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Siswa-siswa diharapkan ikut
berperan aktif di dalam kegiatan bakti sosial tersebut.
Dilihat dari sistematika penulisan pengumuman, paragraf tersebut merupakan
bagian dari....
A. Kepala pengumuman
B. Penutup pengumuman
C. Pendahuluan pengumuman
D. Isi Penguuman